Jumat, 11 November 2011

Acer Aspire One anda mati total ? jangan panik !

Blinkie Text Generator at TextSpace.net




Mudah gak sih sebenernya servis laptop itu ?
yapzz,, mudah banget !! kita tak perlu berpikiran servis laptop itu susah.
itu yang saya alamin.
apalagi laptop itu barang mahal lho, servis nya juga mahal.. harga jack power buat ngecas aja udah 100 ribu,, apalagi sampai harga harddisk, vga, memory, bahkan mainboard.

ada salah satu trik nih buat yang punya Acer One yang blanking ( powernya nyala, tapi tampilan nya mati )
1. Download BIOS terbaru dari website acer resmi (disini: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers)
2. pastikan type notebook nya harus tepat
3. ekstract file bios yang tadi di download ( biasanya pake winrar atau winzip) , lalu pilih yang berekstension fd (*.fd) misalnya 3320.fd atau semacamnya, silakan rename file itu menjadi zg5ia32.fd….trus biasanya di folder yang sama terdapat file “Flashit.exe“…nah kedua file tersebut silakan dicopy ke flashdisk anda (usahakan flashdisk nya harus kosong, supaya notebook nya mudah mencari file bios yang ada di dalam flashdisk)
4. Untuk memulai flash bios…silakan pencet dan TAHAN tombol fn+esc+power secara bersamaan..( begitu pencet power, tombol fn+esc tetap dipencet dan tahan sekitar 5 detik sampai melihat flashdisk anda berkedip-kedip tanda proses flash bios berjalan…setelah muncul tanda-tanda itu ya silakan dilepas dan tunggu sekitar 1-5 menit sampai proses flashing selesai, nantinya akan restart sendiri)
5. Sy sudah coba, dan berhasil
6. Kalau masih belum berhasil, coba pakai flashdisk yang lain (kalau kemarin aku pakai kingstone yang 2 gb sih)
7. Berdoa kepada Tuhan !
8. Kalau masih belum nyala, terpaksa anda harus bongkar laptop anda, lalu cari battere CMOS, kemudian cabut sekitar 5 menit, dan pasang lagi. Insya Allah deh nyala !! :)
nih kalau masih bingung mah ada tutorial nya :) 

Jangan berpikiran kalau rusak seperti itu mainboard nya yang kena, karena belum tentu kena mainboard. dan anda jangan mau tertipu sama orang :D .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar